Isuzu Elf Minibus Narik Kiri, Lakukan Hal Ini

March 11, 2017
Mobil minibus ELF narik kiri - Isuzu ELF model minibus ialah salah satu kendaraan angkutan massal yang paling banyak dipakai oleh para pengusaha tour dan travel lantaran selain mesin Isuzu yang populer bandel, juga sangat efisien soal penggunaan materi bakar sehingga lebih irit dipakai sebagai kendaraan beroda empat niaga, khususnya angkutan penumpang.



Kerusakan yang terjadi pada minibus ELF ini yang sering terjadi tidaklah menciptakan kantong sang empunya kendaraan beroda empat jebol asalkan mereka selalu rutin melaksanakan investigasi dan perawatan bersiklus baik itu perawatan mesin nya maupun perawatan perhiasan menyerupai spooring dan balancing guna menjaga biar kondisi kaki kaki kendaraan beroda empat tetap sehat.

Untuk problem seputar spooring sendiri yang paling sering terjadi ialah setir kemudi yang miring dan minibus cenderung narik ke kiri sendiri sewaktu setir kendaraan beroda empat dilepas. Banyak sekali penyebab kenapa hal ini sanggup terjadi mulai rem tromol depan yang macet disalah satu sisinya, kondisi ban yang bengkak di salah satu sisinya, hingga yang tidak masuk nalar ialah tidak ditemukannya kerusakan baik pada sistem rem maupun ban yang benjol, namun kendaraan beroda empat tersebut cenderung narik ke kiri.

Bagi sopir minibus khususnya minibus Isuzu ELF anda sanggup mencoba mengatasi kendaraan beroda empat minibus ELF yang narik kekiri dengan melaksanakan rotasi ban, lakukan pemindahan ban kepingan depan kiri dan depan kanan, jangan lupa rapatkan dan kencangkan mur roda dan cobalah lakukan tes jalan kembali. Jika minibus masih dirasa narik kekiri, coba lakukan rotasi pada kepingan ban depan kanan dan belakang kanan, jangan lupa rapatkan dan kencangkan kembali mur rodanya dan cobalah lakukan tes jalan.

Baca juga : Cara spooring truk bus minibus sendiri dengan meteran

Ingat tips diatas sanggup kalian lakukan sehabis melaksanakan investigasi understeel kendaraan beroda empat termasuk menilik king pin, bearing roda, kondisi rem depan, serta kondisi ban yang lingkaran sempurna. Rem yang macet sebelah maupun ban yang bengkak / putarannya tidak lingkaran tepat sanggup menjadikan kendaraan beroda empat cenderung lari kiri.

Cara mengecek kondisi rem yang macet

Silahkan anda dongkrak kepingan depan kendaraan beroda empat hingga kedua roda terangkat dan tidak menyentuh ke tanah, kemudian silahkan anda pompa pedal rem, sehabis itu coba putar roda depan kendaraan apakah terputar dengan tepat atau terdapat indikasi rem macet. Jika rem kendaraan beroda empat terasa macet silahkan anda setel atau lakukan perbaikan terlebih dahulu.

Cara menilik kondisi ban kendaraan beroda empat yang benjol

Caranya sama dengan cara diatas yakni dongkrak kepingan depan kendaraan hingga roda roda kepingan depan terangkat sepenuhnya. Selanjutnya silahkan anda putar roda tersebut memakai tangan sehingga ban akan terputar dengan kencang, selanjutnya anda sanggup menilik putaran roda tersebut baik dari arah sisi maupun dari arah depan. Jika ban tersebut bengkak sebaiknya ganti dengan ban yang kondisinya bagus, alasannya ialah ban bengkak kalau ditaruh depan akan memberi dampak narik ke salah satu sisi, sedangkan kalau ditaruh di posisi belakang akan menciptakan body kendaraan beroda empat menjadi goyang.


Cara menilik kerusakan king pin

Kerusakan yang terjadi pada sebuah king pin ialah adanya celah atau oblak ketika roda kendaraan beroda empat digoyangkan ke arah atas bawah, maupun kondisi king pin yang macet jawaban kurangnya pelumasan. Cara memeriksanya sangat mudah, silahkan anda angkat kepingan depan kendaraan hingga roda terangkat seluruhnya, kemudian mintalah derma teman guna menginjak pedal rem sekuat mungkin, hal ini wajib kalau anda ingin mengetahui kerusakan king pin. Selanjutnya anda pegang roda kendaraan beroda empat di kepingan atas dan bawah atau posisi jam 12 dan jam 6, kemudian gerak gerakkan atau goyangkan kearah luar dalam, kalau terasa adanya freeplay atau terasa oblak hal ini mengambarkan bahwa king pin mengalami kerusakan. Cek juga apakah king pin macet atau tidak, caranya silahkan anda belokkan roda tersebut kekiri dan kekanan, kalau dirasa berat sanggup dipastikan bahwa king pin tersebut macet.

Untuk hasil terbaik tentunya ada lakukan spooring dan balancing di daerah langganan anda maupun di bengkel resmi terdekat. Semoga bermanfaat.


Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

No comments